Wakapolres Mabar Hadiri Penutupan Festival Florata 2019

Wakapolres Mabar Hadiri Penutupan Festival Florata 2019

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Wakapolres Manggarai Barat (Mabar) Kompol Albert Yonathan Ndun, SH bersama Wakil Ketua Bhayangkari Mabar Rena Alberd menghadiri penutupan Festival Florata 2019 di Lapangan Kampung Ujung, Kecamatan Komodo, Kabupaten Mabar, Jumat (2/8) Malam.

Penutupan tersebut juga dihadiri Bupati, para pimpinan OPD, Anggota DRPD Kabupaten Mabar, serta disaksikan ratusan masyarakat Manggarai Barat.

Dalam penutupan tersebut sejumlah tarian khas flores turut ditampilakan diantaranya tarian toto molas, tari bali belo, sejumlah hiburan kreatif lainnya. Beragamnya tarian tersebut sebagai upaya melestarikan sekaligus mengenalkan budaya flores kepada dunia utamanya wisatawan.

Bupati Mabar dalam sambutannya menyebut menjunjung tinggi kekayaan lokal sama artinya dengan menghidupkan kebudayaan nasional

“Dengan mengenalkan budaya Florata kepada wisatawan, berarti kita sudah berupaya menghidupkan dan memajukan kebudayaan lokal yang sama artinya juga menghidupkan peradaban nasional” Ucap Bupati Agustinus.

Dalam pagelaran festival kali ini, pihak penyelenggara turut menggelar lomba tai dengan materi penilaian berupa kreatifitas koreografi dan kostum. Para kelompok seni yang terpilih diberi cinderamata sebagai bentu apresiasi atas kreatifitas serta usahanya dalam melestarikan budaya.

Adapun cinderamata tersebut diberikan kepada Kabupaten Sikka untuk kategori koreografi, Kabupaten Flores Timur untuk wirasa terpuji dan Kabupaten Nagekeo untuk wirama terpuji.

Sedangkan kategori kostum dimenangkan oleh Kabupaten Lembata dan untuk kategori wiraga terpuji.