Home / BERANDA / Sentra Gakkumdu Samakan Persepsi Penanganan untuk Pilkada Serentak 2020

Sentra Gakkumdu Samakan Persepsi Penanganan untuk Pilkada Serentak 2020

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat Simeon S. Sofian, S. Fil menyatakan, kinerja Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) pada Pemilu 2019 sudah berjalan optimal. Namun, kerja sama antar tiga institusi ini perlu dipererat dan dikuatkan lagi untuk menyamakan persepsi penanganan tindak pidana dalam Pilkada Serentak 2020 mendatang.

“Kita berharap sinergitas tiga institusi Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat, Kepolisian Resor Manggarai Barat dan Kejaksaan Negeri Labuan Bajo yang tergabung dalam sentra Gakkumdu Kabupaten Manggarai Barat bisa lebih baik lagi ke depan dalam penegakan hukum tindak pidana pemilihan, juga untuk dapat dilakukan deteksi dini sekaligus evaluasi terhadap setiap potensi pelanggaran pidana pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat tahun 2020.” jelas Simeon S. Sofian, S. Fil dalam Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu Kabupaten Manggarai Barat. Sabtu (7/3/2020)

Sementara itu anggota Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat Frumentus Menti, S.H., menjelaskan Tim yang tergabung dalam Gakkumdu Pilkada 2020 sesuai peraturan bersama Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum Republik Indonesia, Kepala Kepolisia Negara Republik I lndonesia dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Nomor 14 tahun 2016, Nomor 01 tahun 2016 dan Nomor 0101/JA/11/2016 tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu pada pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Wali kota dan Wakil Wali Kota.

“Berkaitan dengan dan pengalaman kami pada pemilihan yang sebelumnya seperti yang terjadi pada pemilihan umum 2019 dimana ada 3 TPS yang dilaksanakan pemilihan ulang dan semua akibat kelalaian petugas di lapangan, dilihat dari kejadian itu kita yang tergabung dalam Tim Gakkumdu Kabupaten Manggarai Barat agar selalu berkoordinasi serta saling menyampaian informasi yang berkait dengan pelanggaran pemilu untuk di tindaklanjuti sesuai dengan Undang – Undang Pemilu dan ketentuan yang berlaku.” jelas Frumentus Menti, S.H.

Sementara itu Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso,S.I.K.,M.Si., mengatakan rapat ini untuk penyamaan Persepsi serta memperkuat Koordinasi, juga untuk dapat dilakukan deteksi dini sekaligus evaluasi terhadap setiap potensi pelanggaran pidana Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat tahun 2020.

“Dalam menghadapi Pilkada tahun 2020 agar kita selalu berkoordinasi atau menyampaikan informasi sekecil apapun yang berkaitan dengan Pemilu serta melakukan tindakan sesuai hukum dan aturan yang berlaku, Pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak di tahun 2020 ini khususnya di Kabupaten Manggarai Barat.” jelas Kapolres

AKBP Handoyo Santoso,S.I.K.,M.Si., melanjutkan bahwa menurut informasi yang saya dapat bahwa Pilkada tahun 2015 yang lalu agak rawan pada saat pendaftaran dan sampai dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat.

“Sebagai pihak penegakan hukum agar selalu bekerja yang lebih profesional sesuai harapan masyarakat dan kita mengharapkan agar pilkada kali ini tidak ada kendala, hambatan dan lancar sampai dengan pelantikan.” ujar AKBP Handoyo

Di akhir kegiatan Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat Simeon S. Sofian, S. Fil menyerahkan Piaga Penghargaan Gakkumdu Propinsi NTT kepada Kapolres Manggarai Barat dan kepada Kajari Labuan Bajo Sebagai bentuk penghargaan dalam mengamankan pemilu 2019 yang sejuk, aman dan damai.(RS)*

About Humas Manggarai Barat

Check Also

Polres Mabar kembali lakukan penyemprotan disinfektan

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kepolisian Resor Manggarai Barat, NTT kembali melaksanakan penyemprotan disinfektan seraya melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna …