Tegakan Prokes, Polsek Macang Pacar Sambangi Pasar Tradisional Bari

Tegakan Prokes, Polsek Macang Pacar Sambangi Pasar Tradisional Bari

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Untuk mencegah penyebaran Covid-19 (Corona), personel Polsek Macang Pacar, Polres Manggarai Barat rutin melaksanakan patroli dengan menyambangi Pasar Tradisional Bari, Senin (03/05/2021) pagi sekitar pukul 09.00 Wita.

Untuk diketahui Pasar Tradisional Bari terletak di Dusun Bari Barat, Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kanit Binmas Bripka Suhardin bersama 2 (dua) personil Polsek Macang Pacar, untuk melihat kepatuhan warga dalam melaksanakan Protokol Kesehatan atau Prokes pencegahan Covid-19 dan untuk menciptakan situasi kamtibmas aman dan kondusif di Bulan Suci Ramadhan.

Dalam kegiatan ini pedagang dan pengunjung Pasar Tradisional Bari terus diingatkan pentingnya menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas.

Selain itu, disamping menerapkan 5M, warga juga diharpakan menjaga imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang serta istirahat dan juga olah raga yang cukup hal tersebut dilakukan sebagai pertahanan diri dari penularan Virus Corona.

"Adanya patroli rutin ini untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta mengajak warga untuk patuh Protokol Kesehatan serta menjaga pola hidup sehat," kata Kapolsek Macang Pacar IPDA Iwan Hendriawan.

Saat kegiatan berlangsung, personel Kepolisian memberikan imbauan kepada pedagang dan pengunjung pasar untuk bersama menjaga kamtibmas aman dan kondusif.

"Pasar merupakan area sentral yang sangat rawan terjadinya tindakan kriminal sehingga kami terus melakukan imbauan secara langsung," ungkapnya.

IPDA Iwan Hendriawan berharap kehadiran anggota Polri di tengah aktivitas rutin masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta meningkatkan kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan.

"Selain memberikan imbauan tentang pentingnya menerapkan Protokol Kesehatan, pihaknya juga memberikan pesan–pesan kamtibmas secara humanis dan memberikan imbauan untuk tidak melaksanakan mudik di hari raya Idul Fitri 1442 H," tegas Mantan Kasubbag Humas Polres Mabar.

"Kami juga minta kepada warga agar dapat selalu bersinergi dengan aparat keamanan dan bagi warga yang mengetahui adanya potensi terjadinya gangguan Kamtibmas, hendaknya segera mungkin menghubungi Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang sudah ada di masing–masing Desa ataupun bisa juga langsung melapor ke kantor Polisi terdekat guna dilakukan antisipasi sedini mungkin sehingga tidak sampai menimbulkan keresahan ditengah–tengah masyarakat," tambahnya. *[RS]*