Tampil Sebagai Narasumber Seminar Wawasan Kebangsaan, Kapolres Manggarai Barat Ajak Para Pelajar Taati Hukum

Tampil Sebagai Narasumber Seminar Wawasan Kebangsaan, Kapolres Manggarai Barat Ajak Para Pelajar Taati Hukum

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Kapolres Manggarai Barat (Mabar) AKBP Julisa Kusumowardono S.IK, M.Si hadir sebagai narasumber dalam Seminar Pemantapan Wawasan Kebangsaan Bagi Tokoh Pemuda dan Pemuda Pelajar SLTA Se-Kecamatan Komodo di SMAK Loyola Labuan bajo, Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Sabtu, (15/12/18) Pagi.

Turut hadir sebagai narasumber lain Kasat Intelkam Polres Mabar Iptu Cakra Mudra S.IP dan Kaban Kesbangpol Kabupaten Mabar Drs. Paulus Selasa, Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Mabar Roby Ngolong selaku moderator, serta Asisten II Bupati Marthen Ban Mewakili Bupati Mabar.

Pada seminar yang dihadiri Para Guru dan pelajar SLTA Se-Kecamatan Komodo tersebut, Asisten II Bupati Mabar Marthen Ban menyampaikan para pelajar dengan kemampuan bahasa unggul merupakan aset penting dalam mendukung pariwisata Labuan Bajo.

“Saya harap para pelajar tidak membuang sampah sembarangan dan belajar bahasa Inggris agar bisa menarasikan obyek wisata disekitar Kota Labuan Bajo serta bersikap baik terhadap wisatawan,” tandas Marthen Ban dalam sambutannya.

Sementara itu, Kapolres Mabar menjelaskan sebelum memahami wawasan kebangsaan para pemuda perlu lebih dulu memaknai wawasan nusantara yang bertautan dengan Hari Nusantara 13 Desember kemarin.

“Hari Nusantara adalah salah satu cikal bakal Bangsa Indonesia dan diakui oleh dunia, yang di peringati setiap tanggal 13 Desember, dari Hari Nusantara tersebut kita bisa mengetahui tentang wawasan Nusantara,” jelas Kapolres AKBP Julisa.

Lebih lanjut, Kapolres Mabar mengatakan pemuda yang cinta pada Bangsa Indonesia wajib taat hukum dan tidak melanggar hukum.

“Untuk itu pelajar yang tidak miliki SIM yang hadir pada hari ini saya himbau tidak membawa sepeda motor” Lanjutnya.

Selain itu, Kapolres juga bepesan kepada para pelajar yang ingin mengikuti tes polisi maupun sekolah kedinasan wajib menjaga kesehatan dan fisik seperti tidak merokok, miras, dan bertato.

Lebih jauh, pada kesempatan yang sama, Kasat Intekam Polres Mabar Iptu Cakra Mudra S.IP mengatakan perkembangan teknologi dalam kehidupan berbangsa kini menjadi kurang penting tanpa ada kontrol diri dalam penggunaannya.

“Untuk itu Saya minta kepada para pelajar gunakalan teknologi untuk mencari ilmu yang bermanfaat dan positif,” Kata Iptu Cakra.

Adapun tujuan sosialisasi wawasan kebangsaan ini untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, mewujudkan nilai-nilai kesetaraan dan kekeluargaan, serta menghargai budaya sendiri melalui pemahaman simbol-simbol negara.

Terakhir, Kaban Bangkespangpol mewakili penyelenggara acara menyebut sebagai cerminan wawasan kebangsaan Pemda Mabar berkomitmen pada bidang kemanusiaan salah satunya memberikan bantuan sosial kepada para korban terdampak bencana di Manggarai Barat.