175 Personel Polri di Manggarai Barat Terima Vaksinasi Covid-19 Tahap 1

175 Personel Polri di Manggarai Barat Terima Vaksinasi Covid-19 Tahap 1

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 (Corona) sekaligus percepatan penanganan wabah tersebut, personil Polres Manggarai Barat dan Satuan Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo menerima Vaksinasi Covid-19 Tahap 1 (satu) yang bertempat di Puskesmas Labuan Bajo, Kamis (18/03/2021) pagi sekitar pukul 08.00 Wita.

Vaksinasi Covid-19 (Sinovac) dilakukan secara bertahap selama 2 (dua) hari, mulai hari Kamis tanggal 18 Maret 2021 dan hari Sabtu 20 Maret 2021.

Terpantau ratusan personil Polres Manggarai Barat dan Satuan Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo secara bergantian ikut dalam Vaksinasi tersebut mulai dari para pejabat utama hingga anggotanya, tak luput para personil yang berada di Polsek jajaran juga mengikuti Vaksinasi ini di Puskesmas terdekat.

Seluruh personel jajaran mengawali dengan pengisian formulir pendaftaran, screening melalui pemeriksaan tensi darah dan wawancara riwayat medis, yang memenuhi syarat langsung menerima suntikan vaksin setelah itu mengikuti observasi selama 30 menit.

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 (Sinovac) dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan hand sanitizer.

Pemberian Vaksinasi sendiri dilakukan oleh 10 tenaga medis yang dikerahkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat serta Puskesmas Labuan Bajo dengan dipimpin langsung oleh dr. Margaretha Juet

Dalam pelaksanaan Vaksinasi ini, Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda turun sekaligus memantau langsung jalannya kegiatan.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Wakapolres Kompol Sukanda mengungkapkan bahwa untuk Vaksin Sinovac tahap 1 (satu) ini, kurang lebih 175 personil yang diikut sertakan dalam kegiatan ini termasuk dirinya sendiri juga melakukan Vaksinasi.

"Untuk Vaksinasi ini, kita ada ratusan personil baik itu dari Polres dan Kompi Brimob maupun Polsek jajaran yang mana jumlah yang ikut kurang lebih 175 personil, sehingga tinggal menunggu Vaksinasi Tahap ke 2 (dua) terhitung 14 (empat belas) hari sesudah tahap 1 (satu). Adapun untuk personil yang belum akan kita berikan nanti kedepannya, hal ini sendiri dikarenakan dosis vaksin cukup terbatas jadi kita bagi beberapa regu untuk Vaksinasi," ungkap Kompol Sukanda

Seperti yang diketahui, aparat Kepolisian sendiri masuk dalam salah satu kategori yang dianggap rawan akan terpapar Covid-19 karena banyaknya aktifitas di lapangan seperti memberikan imbauan dan sosialisasi serta kerapnya bertatap muka dengan masyarakat yang mana terus dilaksanakan setiap harinya.

"Vaksin tahap pertama ini kita dahulukan kepada personil yang kerap bertatap muka dengan masyarakat seperti di fungsi pelayanan, Satuan Lalu Lintas dan para Bhabinkamtibmas karena tidak kita pungkiri mereka ini yang paling rawan maka dari itu kita bekali vaksin setidaknya ini bisa menjaga mereka," jelas Wakapolres.

"Untuk itu, walaupun vaksin telah dilakukan bukan berarti kita ini akan kebal dengan Covid-19 namun saya meminta kepada masyarakat agar tetap mengikuti Protokol Kesehatan," imbaunya.

"Vaksin Sinovac yang disuntikkan tersebut aman karena sudah menjalani uji klinis oleh BPOM RI dan halal sesuai fatwa MUI. Oleh karenanya, diharapkan tidak ada penolakan Vaksinasi dari masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Manggarai Barat," tutup Kompol Sukanda. *[RS]*