Polres Manggarai Barat Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2020

Polres Manggarai Barat Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2020

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Polres Manggarai Barat (Mabar) menggelar personel dalam Operasi Patuh Turangga 2020. Dalam operasi yang digelar selama dua pekan ini, para personel dipastikan telah menaati protokol kesehatan sebelum bertugas.

“Jajaran Polda sampai ke Polres-Polres serentak menggelar Operasi Patuh Turangga 2020,” ujar Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., Kamis (23/7/2020) pagi.

Sebelum bertugas, tandas Kapolres, anggotanya terlebih dulu harus menaati protokol kesehatan. Ada sejumlah langkah yang harus dipenuhi bagi anggotanya dalam bertugas. Di antaranya harus mengenakan masker, baju lengan panjang, sarung tangan, dan jaga jarak sesama anggota saat bertugas.

“Sebelum menertibkan masyarakat kami harus tertib dulu dalam rangka protokol kesehatan,” katanya.

Di sisi lain, Operasi yang digelar sejak 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 ini sekaligus menjadi ajang bagi anggota Polisi untuk menertibkan masyarakat dalam menghadapi adaptasi kehidupan baru yakni mengutamakan protokol kesehatan.

“Tentu Personil Polres Mabar akan mengedepankan aspek preemtif, preventif, serta humanis sehingga tidak salah manakala nanti para pelanggar diutamakan tentang pendidikan masyarakat terutama protokol kesehatan,” kata AKBP Handoyo.

Dalam mengawal protokol kesehatan, kata Kapolres, misal menjumpai pengendara yang tidak mengenakan masker akan diingatkan.

“Contoh misalnya masyarakat tidak pakai masker kami ingatkan,” ujar AKBP Handoyo.

Kapolres mengungkapkan bahwa dalam Operasi Patuh Turangga 2020 kali ini ada tiga sasaran yaitu pelanggaran helm, melawan arus dan kelengkapan kendaraan, serta ditambah satu sasaran yaitu pelanggaran dominan di Polres masing – masing, “Karena Operasi sekarang ini berbeda, kegiatan di laksanakan dalam fokus untuk mendisiplinkan masyarakat menaati aturan lalu lintas juga untuk mendisiplinkan menaati protokol kesehatan dalam rangka antisipasi Covid – 19,” ucap Kapolres.

Adapun prioritas tindakan Operasi Patuh tahun ini adalah tindakan preemtif 40 persen, preventif 40 persen dan penegakkan hukum 20 persen, “Jadi tidak seperti operasi ketupat lebaran kemarin, dimana operasi patuh kali ini tetap dilakukan penindakan seperti pelanggaran – pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” tambah Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa tujuan utama Operasi Patuh Turangga 2020 kali ini adalah untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, kelancaran serta ketertiban baik dalam berlalu lintas maupun dalam penerapan protokol kesehatan terkait penyebaran Virus Corona.

Kapolres Mabar juga berpesan pada seluruh masyarakat Manggarai Barat untuk selalu disiplin baik dalam berlalu lintas maupun dalam menerpakan protokol kesehatan, “Mari kita selalu tertib dan disiplin dalam berlalu lintas serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingga tercipta keselamatan di jalan, serta aman dari Covid – 19,” Pungkas Kapolres.*[RS]*