Pastikan Wisatawan Aman, Polres Mabar dan BPOLBF Siapkan Command Center di Labuan Bajo

Pastikan Wisatawan Aman, Polres Mabar dan BPOLBF Siapkan Command Center di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) bersinergi dengan Kepolisian Resort Manggarai Barat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo.

Audiensi antara BPOLBF dan Kapolres Manggarai Barat, yang berlangsung pada Senin (04/03/2024) di ruang rapat utama Polres Mabar, membahas beberapa agenda terkait aktivasi Tourism Information Center (TIC) dan pembentukan Command Center di Labuan Bajo.

Direktur Utama BPOLBF, Frans Teguh, menyampaikan apresiasi atas dedikasi Kapolres Manggarai Barat dalam memastikan keamanan Labuan Bajo. 

Ia juga menyoroti pentingnya koordinasi dalam aktivasi TIC dan Command Center, yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada wisatawan dan masyarakat setempat.

"Sinergi antara BPOLBF dan Polres Mabar dapat terus berjalan, terutama dalam kolaborasi untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan dan masyarakat di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo," harap Dirut BPOLBF. 

Sementara itu, Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., memberikan insight tentang upaya pemantauan keamanan wisatawan baik di darat maupun perairan, termasuk peran teknologi seperti CCTV dan sistem pemantauan digital.

"Labuan Bajo, sebagai destinasi wisata yang terus berkembang, mencatat jumlah kunjungan yang signifikan. Dengan target peningkatan kunjungan hingga 1 juta selama tahun 2024, keamanan wisatawan menjadi prioritas utama," kata Kapolres Mabar.

Lanjutnya, aktivasi Command Center diharapkan dapat memperkuat mitigasi resiko dan memudahkan penanganan keadaan darurat yang melibatkan wisatawan.

"Melalui kolaborasi antara BPOLBF dan Polres Mabar, diharapkan pembentukan Command Center dapat segera diimplementasikan, memungkinkan pemantauan dan penanganan keamanan wisatawan di Labuan Bajo menjadi lebih efektif dan responsif," pungkasnya.