Operasi Ketupat Turangga 2024, 231 Personil Gabungan Disiagakan di Labuan Bajo

Operasi Ketupat Turangga 2024, 231 Personil Gabungan Disiagakan di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Mulai besok, personel gabungan diterjunkan dalam pelaksanaan pengamanan Operasi Ketupat Turangga 2024 dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024.

Tujuan digelar operasi ketupat adalah dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) selama Lebaran.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan operasi ini ditujukan untuk menjamin rasa aman bagi umat Islam dalam melaksanakan hari raya Idul Fitri, serta mengantisipasi pelaku tindak pidana.

"Kita akan mengamankan kegiatan malam takbiran, salat Id, halalbihalal masyarakat dan mudik Lebaran. Untuk salat tarawih kita sudah lakukan pengamanan sejak awal dimulainya ibadah puasa," kata Kapolres Mabar saat ditemui pada Rabu (03/04/2024) sore.

Perwira dengan melati dua dipundaknya itu, menyampaikan bahwa personel yang terlibat dalam pengamanan operasi ketupat mencapai 231 orang.

"Ratusan personil tersebut merupakan gabungan dari Polres Manggarai Barat, TNI AD, TNI AL, TNI AU, Brimob, Basarnas, Dishub, Satpol PP, ASDP serta unsur masyarakat lainnya," ujarnya.

Menurut dia, ratusan personel tersebut bakal disiagakan selama masa Operasi Ketupat Turangga 2024 yang berlangsung dari tanggal 4 April hingga 16 April 2024 mendatang.

"Para personel akan disiagakan di pos pengamanan dan pos pelayanan serta pos terpadu Operasi Ketupat Turangga 2024 di Labuan Bajo," tutur orang nomor satu di Polres Manggarai Barat itu.

Kapolres Mabar mengungkapkan, pos pelayanan, pos pengamanan hingga pos terpadu yang disiapkan Polres Manggarai Barat mencapai 7 pos.

"Pos pengamanan ada 4 yakni Masjid Nurul Fallah Wae Mata, Masjid Nurul Huda Gorontalo, Masjid Nurul Iman Sernaru, Masjid Baiturrahim Lamtoro. Selanjutnya, pos pelayanan ada 1 bertempat di Kantor Sat Pam Obvit Kampung Ujung. Kemudian pos terpadu ada 2 yakni Pelabuhan Marina Labuan Bajo dan Bandara Internasional Komodo," sebutnya.

Pihaknya memastikan, seluruh pos tersebut bakal ditempatkan personel sesuai tingkat kerawanan di tiap wilayahnya.

"Kami memastikan seluruh sarana dan prasarana juga siap dikerahkan untuk mendukung pengamanan selama Lebaran di Kabupaten Manggarai Barat," ungkap Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

Lanjutnya, tahun ini menjadi tantangan tersendiri karena merupakan Lebaran pertama tanpa pembatasan pandemi Covid-19.

Hal ini diperkuat dengan selesainya puncak pergelaran pemilu legislatif dan presiden, yang membuat masyarakat dapat menikmati liburan dengan lebih leluasa.

"Selama Lebaran, kami asumsikan kunjungan ke Manggarai Barat tahun ini lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya, mengingat jumlah masyarakat yang akan berlibur diperkirakan lebih banyak. Apalagi Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi liburan yang diminati, baik oleh wisatawan maupun masyarakat lokal," jelasnya.

Selama pelaksanaan operasi ini, kata Kapolres, polisi akan mengedepankan tindakan preventif. Namun, pihaknya tak segan menindak tegas pelaku yang membuat onar saat hari raya Idul Fitri.

"Mari kita saling menjaga keamanan dan merawat toleransi sehingga Lebaran di Labuan Bajo berjalan dengan baik dan umat Islam bisa merayakan Idul Fitri dengan nyaman dan damai," imbau Mantan Kapolres Alor itu.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Mabar juga berharap kepada masyarakat yang akan mudik maupun berlibur ke tempat wisata, agar tetap mematuhi segala peraturan lalu lintas untuk keselamatan bersama dalam berkendara.

"Patuhilah peraturan dan rambu-rambu lalu lintas saat berkendara. Utamakan keselamatan sebagai kebutuhan, dan ingat keluarga Anda menunggu di rumah," ucapnya.**#