Bhabinkamtibmas Polsek Kuwus Ini Penuh Semangat Bantu Warga di Tengah Longsor

Bhabinkamtibmas Polsek Kuwus Ini Penuh Semangat Bantu Warga di Tengah Longsor

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Bhabinkamtibmas Kelurahan Nantal Polsek Kuwus Polres Manggarai Barat, BRIPKA I Gede Eka Putra Wirawan membantu warga menyeberangkan kendaraan bersama warga Kelurahan Nantal, melewati material longsor, Jumat (29/01/2021) sekitar pukul 09.00 Wita.

Kegiatan ini membantu warga yang akan masuk ke Kelurahan Nantal maupun keluar dari Kelurahan tersebut yang disebabkan oleh timbunan tanah dan batu akibat longsor yang menutupi akses jalan tersebut.

Sampai sore ini material longsor masih menutupi jalan sehingga kendaraan belum bisa melalui jalan tersebut ditambah setiap sore hari hujan mengguyur, sehingga untuk melalui jalan tersebut kendaraan Roda 2 (dua) harus diangkat dan didorong sedangkan untuk kendaraan Roda 4 (empat) tidak bisa melintas.

“Kegiatan seperti ini sangat penting dan sangat bermanfaat bagi warga yang akan masuk maupun keluar dari Kelurahan Nantal mengingat akses jalan yang tertimbun longsor belum bisa dilalui oleh kendaraan Roda 2 (dua) maupun Roda 4 (empat),” ujar salah seorang warga.

Ditempat terpisah Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Kuwus IPDA Matheos A.D. Siok menerangkan, titik longsor terjadi di kampung Golowelu, RT 003/RW 002, Kelurahan Nantal, Kecamatan Kuwus, tepatnya ruas jalan utama (Jalan Kabupaten) yang menghubungkan ibukota Kecamatan Kuwus, Golowelu menuju Desa Nggawut  dan Desa Lawi, Kecamatan Kuwus.

“Bencana alam longsor menimbun seluruh badan jalan sepanjang kurang lebih 15 meter. Tanah longsor berasal dari tebing di sebelah jalan. Tinggi tebing yang longsor kurang lebih 10 meter. Material longsoran berupa batu dan tanah serta pepohonan,” kata Kapolsek Kuwus.

IPDA Matheos A.D. Siok menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Meski demikian, korban material berupa tanaman komoditas perkebunan warga rusak parah diterjang longsor.

“Tidak ada korban jiwa. Tetapi kerugian material berupa dua pohon cengkeh, satu pohon ampupu, satu pohon Kayu manis dan 2 pohon Mangga  milik Lurah Golo Ru’u Thomas Tehong roboh terbawa material longsoran. Taksasi krugian diperkirakan Rp. 10.000.000,-,” ungkapnya.

Hingga sore ini, arus lalulintas kendaraan masih lumpuh total.  Bhabinkamtibmas Kelurahan Nantal bersama anggota Babinsa 1612-08/Macang Pacar, serta Kasi Ekbang Kecamatan Kuwus telah berupaya menggunakan peralatan seadanya menyingkirkan materil bebatuan dan pepohonan agar bisa dilalui kendaraan roda 2 (dua).

Kapolsek Kuwus menambahkan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsoran susulan, mengingat curah hujan yang masih tinggi dan lokasi tersebut rawan longsor setiap tahun.

“Kami telah mengimbau bapak Thomas Tehong  untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman menghindari longsor susulan dan korban jiwa. Sampai sat ini belum ada tindakan dari instansi terkait,” lapor IPDA Matheos A.D. Siok. *[RS]*