1.100 Personil Gabungan dan CCTV Diterjunkan Jaga Keamanan Dua Agenda Hari Besar Keagamaan di Labuan Bajo

1.100 Personil Gabungan dan CCTV Diterjunkan Jaga Keamanan Dua Agenda Hari Besar Keagamaan di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Jajaran Kepolisian Resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menyiapkan pasukan untuk pengamanan dua hari besar keagamaan yakni Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan Kenaikkan Isa Al Masih.

Pada tahun 2021, peringatan Kenaikkan Isa Al Masih berlangsung pada hari Kamis (13/05/2021). Uniknya, pada tahun ini, peringatan Kenaikkan Isa Al Masih bertepatan pula dengan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Ini adalah peristiwa langka, dan tercatat sebelumnya pernah terjadi di tahun 1791, 1889, dan 1987.

Oleh karenanya, untuk menjamin kamtibmas yang kondusif di tengah perayaan peribadatan umat Islam dan Nasrani ini, Kapolres Manggarai Barat menerjunkan personil Polres Manggarai Barat hingga Jajaran Polsek untuk mengamankan Masjid dan Gereja yang berada di wilayah hukum Polres Manggarai Barat.

"Selain 1.100-an personil gabungan yang disebar dalam Operasi Ketupat Ranakah saat perayaan Idul Fitri dan Kenaikkan Isa Al Masih, kami juga memasang CCTV yang disebar untuk pengamanan di tempat ibadah baik itu Masjid maupun Gereja,'' ujar Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., Rabu (12/05/2021) sore.

"Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H yang akan dilaksanakan oleh umat muslim yang tahun ini pelaksanaannya dilaksanakan di Masjid yang berdekatan dengan rumah masing–masing karena masih pandemi Covid-19, sehingga kami akan menurunkan personil disetiap Masjid," katanya.

"Yang tak lain juga bertepatan dengan Pelaksanaan Hari raya Kenaikan Yesus Kristus atau Kenaikkan Isa Al Masih. Selain pengamanan Masjid, Polres Manggarai Barat juga akan menerjunkan personilnya disetiap Gereja yang ada diwilayah hukum Polres Manggarai Barat," ucap Kapolres Manggarai Barat.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Pemda Manggarai Barat dan Kodim 1612/Manggarai terkait pengamanan Sholat Idul Fitri dan perayaan Kenaikan Yesus Kristus atau Kenaikkan Isa Al Masih untuk bersama–sama menjaga keamanan dan ketertiban di beberapa Masjid dan Gereja agar pelaksanaannya dapat berjalan aman dan lancar," ungkapnya.

"Disamping itu, pengamanan ini dilaksanakan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan umat beragama yang menjalankan ibadahnya guna menjaga stabilitas keamanan," tuturnya.

"Untuk pengamanan Gereja sebelum pelaksanaan kegiatan kebaktian terlebih dahulu dilakukan sterilisasi baik didalam maupun diluar lingkungan sekitar Gereja–Gereja oleh petugas pengamanan," papar alumni Akpol angkatan 2000 ini.

Tak lupa Kapolres di wilayah Destinasi Wisata Super Premium ini mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 termasuk  larangan mudik dan lain sebagainya.

"Kami mengimbau agar masyarakat khususnya umat Islam dan Nasrani bisa merayakan momen hari besar keagamaan ini dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan maupun anjuran dari pemerintah lainnya," tegas AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. *[RS]*