Tim SAR Gabungan Evakuasi Wisatawan dari Pulau Padar Labuan Bajo

Tim SAR Gabungan Evakuasi Wisatawan dari Pulau Padar Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Seorang wisatawan asal Jakarta harus dievakuasi Tim SAR Gabungan dari kapal wisata KM. Indonesia Comunity di Perairan Pulau Padar, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT pada Selasa (16/01/2024) dini hari.

Diketahui, kapal wisata dengan tipe Kapal Motor (KM) yang berukuran 27 Gross Tonnage (GT) itu berlayar dari Pelabuhan Marina Labuan Bajo, menuju Perairan Pulau Padar, Taman Nasional Komodo (TNK) untuk berwisata.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kasat Polairud, AKP I Wayan Merta mengatakan proses evakuasi sempat kesulitan karena tim penyelamat terhadang ombak yang cukup besar.

"Korban merupakan seorang wanita berinisial SM (48) yang mengalami kecelakaan saat berada di kamar mandi kapal. Evakuasi dilakukan karena korban butuh penanganan medis lebih lanjut," kata AKP Wayan pada Selasa sore.

Kasat Polairud menuturkan, evakuasi medis (Medivac) terhadap penumpang KM. Indonesia Comunity dilakukan setelah pihaknya mendapatkan laporan dari Kapten kapal wisata tersebut sekira pukul 00.10 Wita.

Saat itu, pihaknya mendapatkan informasi bahwa terdapat penumpang kapal mengalami kecelakaan saat sedang berlabuh di kawasan TNK itu.

"Setelah mendapatkan informasi, Tim SAR Gabungan langsung bergerak menuju lokasi kapal wisata KM. Indonesia Comunity yang sedang lego jangkar di perairan Pulau Padar," ujarnya.

Proses evakuasi, lanjut AKP Wayan, menggunakan Kapal Rigid Inflatable Boat (RIB) Polairud Polda NTT didukung juga oleh personil dari Lanal Labuan Bajo, Pos SAR Manggarai, Ditpolairud Polda NTT, Polairud Polres Manggarai Barat, KSOP Labuan Bajo dan KKP.

"Kondisi ombak yang cukup besar menghambat proses evakuasi terhadap korban. Namun, sekira pukul 02.30 Wita korban berhasil dipindahkan ke RIB Ditpolairud Polda NTT dan segera dievakuasi menuju Pelabuhan Marina Labuan Bajo," ujar dia.

Dia juga menjelaskan, lokasinya di sebelah barat Pulau Flores pada titik koordinat 08°40'78.3"S - 119°33'87.2"E atau 22 Nautical Mile (Mil Laut) Selatan dari Pelabuhan Marina Labuan Bajo

"Sekira pukul 03.45 Wita, korban telah tiba di Pelabuhan Marina Labuan Bajo dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo," tuturnya.**#