Pasca Pemungutan Suara, Polisi Amankan 12 Lokasi PPK di Kabupaten Manggarai Barat

Pasca Pemungutan Suara, Polisi Amankan 12 Lokasi PPK di Kabupaten Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Tahapan Pemilu di Kabupaten Manggarai Barat saat ini masih dalam proses penghitungan atau rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Dimana, prediksi perolehan suara yang masuk sementara ke masing-masing partai terlebih yang dikantongi para caleg ternyata masih fluktuatif. Kondisi ini membuat proses penghitungan atau rekapitulasi perolehan suara di masing-masing PPK berlangsung ketat. Jajaran kepolisian pun melaksanakan pengamanan ketat untuk memastikan kelancaran dan terjaganya kondusifitas.

Terpantau pada Rabu (21/02/2024) pagi, sejumlah personil Polres Manggarai Barat yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata Turangga 2024 terlihat fokus melakukan penjagaan dan pengamanan tahap rekapitulasi Pemilu 2024 di PPK Boleng.

"Pengamanan ini dilakukan semata-mata untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mencegah potensi gangguan keamanan selama proses rekapitulasi di tingkat PPK Boleng," ungkap Ipda Nikolaus N. Bunganaen selaku Pamatwil Kecamatan Boleng.

Disebutkan, pihaknya secara masif mengawal seluruh tahapan pemilu 2024 sampai akhir perhitungan.

"Kita berkomitmen untuk terus mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 sehingga situasi khususnya di wilayah Kecamatan Boleng tetap kondusif," ujar Kanit PPA Satreskrim Polres Manggarai Barat itu.

"Selain pengamanan kegiatan rekapitulasi suara, juga dilakukan pengamanan surat suara di PPK Boleng selama 24 jam," sambungnya.

Terpisah, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kabag Ops, Kompol Roberth M. Bole mengatakan Polres Manggarai Barat mengerahkan ratusan personil untuk menjaga dan mengamankan rekapitulasi hingga logistik pemilu yang ada di setiap kecamatan pasca Pemilu 2024.

"Total terdapat 110 personil Polres Manggarai Barat yang bertugas melakukan pengamanan di tiap lokasi rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai Barat," sebut Kabag Ops.

Lanjut Kompol Roberth, hal tersebut dilakukan di semua kecamatan yang tersebar di 12 lokasi PPK se-Manggarai Barat. Kepolisian juga akan terus berupaya memberikan pengamanan serta pengawasan, khususnya di kantor PPK, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pasca pemungutan suara.

"Diharapkan, dengan pengamanan yang dilakukan, mampu untuk memonitoring setiap hal-hal yang dianggap mencurigakan dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat," tuturnya.**#