Mengawali Tugas, Kapolres Manggarai Barat Silahturahmi ke Pengurus FKUB

Mengawali Tugas, Kapolres Manggarai Barat Silahturahmi ke Pengurus FKUB

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Mengawali tugasnya di kawasan destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo, AKBP Christian Kadang, S.I.K. melakukan silaturahmi ke pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Kegiatan silahturahmi ini dilaksanakan di Gedung Pastoral Paroki Roh Kudus yang beralamat di Jalan Mgr. Van Bekkum Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT pada Rabu (17/07/2024) siang.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua FKUB, RD. Rikard Manggu, Pr., Ketua NU Mabar, H. Ishak Muhammad Jabi, Pimpinan GMIT Jemaat Gunung Salmon Labuan Bajo, Pendeta Hendrik F Kudji Rihi, S.Th., Ketua PHDI Mabar, AKP I Wayan Merta, S.H., Wakil Ketua BAZNAS Mabar, Masaran Amin, Pastor Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, RD. Laurensius Sopang, Pr., Pastor Paroki Wae Kesambi, RD. Risno Maden, Pr., Tokoh Masyarakat, AKBP (Purn) Buce Helo, dan Kasat Binmas Polres Mabar, AKP Muhammad Yakub.

Dalam kunjungannya, AKBP Christian Kadang, S.I.K. sebagai Kapolres Manggarai Barat yang baru meminta dukungan para tokoh lintas agama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah itu.

"Kedatangan saya sebagai orang yang baru menjalankan tugas di Manggarai Barat, sehingga lewat kunjungan silaturahmi ini kami memohon dukungan dari semua tokoh lintas agama di Kabupaten Manggarai Barat," kata Kapolres Mabar usai menemui pengurus FKUB dan Tokoh Masyarakat.

Alumni Akpol angkatan 2006 itu berharap, tokoh-tokoh agama dapat membantu dan mendukung dirinya sebagai warga Manggarai Barat yang baru, agar bisa menjalankan tugas ke depan secara baik sesuai harapan semua pihak, khususnya masyarakat.

"Polri dan tokoh lintas agama diharapkan bersinergi dalam membangun kebersamaan dalam hidup beragama yang baik demi menjaga Kabupaten Manggarai Barat aman dan kondusif," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua FKUB sekaligus Vikaris Episkopal (Vikep) Labuan Bajo, RD. Rikard Manggu, Pr. menjelaskan kegiatan silahturahmi ini membahas hal-hal yang sangat membantu tugas-tugas kepolisian. 

"Tentunya saya percaya satu hal, niat baik dari Bapak Kapolres untuk membangun sinergitas dengan tokoh-tokoh agama. Karena kita percaya suatu kenyataan bahwa dengan seringnya bertemu banyak masalah yang bisa kita selesaikan dengan baik, khususnya menyangkut umat beragama dan tugas-tugas kepolisian," jelas Romo Rikard sapaan akrabnya.

Ia menyebutkan banyak masukan yang diberikan para tokoh lintas agama untuk pihak kepolisian lewat kunjungan silaturahmi ini.

"Sebagai orang baru, Bapak Kapolres tentu membutuhkan berbagai inside (masukan) dan inside itu dimiliki oleh tokoh-tokoh agama," ujarnya.

Lanjut Vikep Labuan Bajo itu, dalam diskusi tersebut, FKUB dan kepolisian juga membahas berbagai persoalan atau masalah yang viral di Manggarai Barat khususnya masalah tanah, tenaga kerja dan perdagangan orang.

"Masalah-masalah ini, ke depan pasti akan mendominasi dan membutuhkan penanganan serius dari pihak kepolisian. Jika terjadi, kami para tokoh lintas agama siap membackup pihak kepolisian," tutur Ketua FKUB Mabar.**#