Cegah Radikalisme, Polres Manggarai Barat Datangi Masyarakat Pesisir

Cegah Radikalisme, Polres Manggarai Barat Datangi Masyarakat Pesisir

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Polres Manggarai Barat menggelar Sosialisasi Quick Wins Program I tentang Penyuluhan Kepada Masyarakat Pesisir Pantai Dalam Rangka Mencegah Berkembangnya Organisasi Radikal dan Pemahaman Anti Pancasila, Sabtu (16/01/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Desa Golomori, Kecamatan Komodo tersebut dipimpin oleh Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda beserta Kabag Ops AKP Roberth M. Bolle, Kasat Samapta IPTU Markus Malik, Babinkamtibmas Desa Golomori Bripka Yunus, dan personil Polres Manggarai Barat serta turut hadir pula Romo Kevikepan Labuan Bajo Rm. Silvi Mongko, Pr. dengan didampingi oleh Kades Golomori.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Wakapolres Kompol Sukandan mengatakan pada saat memberikan sosialisasi Quick Wins Program 1 pihaknya menyampaikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Organisasi Radikal dan Pemahaman Anti Pancasila.

Masyarakat pun diharapkan bisa meningkatkan deteksi dini terhadap para pendatang yang dicurigai memberikan ajaran–ajaran yang menyimpang.

Memberikan penjelasan tentang organisasi–organisasi yang terkait dengan kelompok terorisme.

“Dan kami memberikan penekanan akan pentingnya hidup sesuai dengan dasar negara Pancasila dan UUD 45 sebagai pedoman dalam hidup dan berkehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia,” bebernya.

Disamping itu, Polres Manggarai Barat juga memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat pesisir akan pentingnya alat–alat keselamatan di atas kapal.

“Misal, pada saat mencari ikan, lengkapi alat keselamatan kapal, mengantisipasi kecelakaan laut dan tindak pidana perairan,” ujarnya.

Tak lupa Kompol Sukanda juga mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 dengan Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan sabun dan air mengalir serta Menjaga Jarak.

Sosialisasi dirangkai pula dengan penyerahan paket sembako, bendera merah putih, lifejacket, figura Pancasila kepada perwakilan masyarakat yang telah ditunjuk. *[RS]*