Polres Manggarai Barat Gelar Apel Konsolidasi dan Gladi Rute Pengamanan Jelang Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan di Labuan Bajo

Polres Manggarai Barat Gelar Apel Konsolidasi dan Gladi Rute Pengamanan Jelang Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kepolisian Resor Manggarai Barat menggelar Apel Konsolidasi dan Gladi Rute Pengamanan Jelang Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan dalam rangka mendukung pelaksanaan KTT G-20 dan KTT Asean Summith pada tahun 2023, untuk melakukan evaluasi dan apresiasi kepada petugas yang terlibat dalam kegiatan pengamanan Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan.

Apel yang diikuti ratusan pasukan gabungan dari Polres Manggarai Barat dan BKO Polda NTT di halaman depan Mapolres Manggarai Barat, Labuan Bajo, Minggu (08/11/2020), dipimpin Kapolda NTT Irjen. Pol. Drs.Lotharia Latif, S.H.,M.Hum. dan dihadiri Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K, M.Si., Karo Ops Polda NTT Kombes. Pol. Ulami Sudjaja, Dir Sabhara Polda NTT Kombes. Pol. Djoni M. Siahaan, Dir Lantas Polda NTT Kombes. Pol. Iroth Laurens Recky, Dir PAM Obvit Polda NTT Kombes. Pol. Grendie Teguh Pidegso, S.I.K., Dir Binmas Polda NTT Kombes. Pol. Drs. Taufik Tri Admojo, Kabid TIK Polda NTT Kombes. Pol. Wahyu Prihatmaka, Kabid Humas Polda NTT Kombes. Pol. Johanes Bangun, Kabid Dokkes Polda NTT Kombes. Pol. dr. Sudaryono, Kabid Propam Polda NTT Kombes. Pol. Agus Suryoto, S.H., Danyon Batalyon A Brimob Polda NTT Kompol Denis Leihitu, PJU Polres Manggarai Barat, dan seluruh Perwira dan Personil Polres Manggarai Barat beserta BKO Polda NTT.

Dalam Apel Konsolidasi dan Gladi Rute Pengamanan Jelang Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan tersebut, Kapolda NTT Irjen. Pol. Drs.Lotharia Latif, S.H.,M.Hum. mengucapkan terima kasih dan apresiasi bagi personil yang terlibat dalam kegiatan Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan Destinasti Pariwisata di Labuan Bajo. Kedepan kegiatan yang sudah disimulasikan di jadikan pedomanan dalam pelaksanaan tugas pengamanan Kawasan Pariwisata Super Premium.

“Dalam kegiatan tersebut kita melaksanakan dua kegiatan yaitu pertama bergabung dengan instansi lain dalam pelaksanaan kegiatan Simulasi dan yang kedua bertugas mengamankan Rangkain kegiatan Simulasi tersebut,” ujar Kapolda NTT.

Kapolda NTT mengatakan, dari Polda NTT sudah menurunkan personil sarana prasana tambahan untuk Polres Manggarai Barat dan beberapa Pejabat Utama (PJU) Polda NTT sudah mendahului hadir di Manggarai Barat.

“Agar personil dalam pelaksanaan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta juga mendukung tugas ini dengan sebaik-baiknya. Mari laksanakan tugas dengan baik, bahwa keberhasilan tugas merupakan keberhasilan bersama dan kegagalan adalah kegagalan bersama serta menjadi tanggung jawab saya selaku Kapolda NTT,” tegas Irjen. Pol. Drs.Lotharia Latif, S.H.,M.Hum.

Setelah selesai pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan mengecek kesiapan personil dalam  Pengamanan Rute dan Lokasi Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan

Rangkaian kegiatan Gladi dimulai  Rute Star dari Polres Manggarai Barat, Bandara Udara Komodo, Puncak Waringin, belok kanan penurunan/pertigaan Kampung Ujung, Hotel Ayana, Hotel Plataran Resort, balik kanan menuju penurunan Kampung Ujung, Hotel Inaya Bay, Kampung Air, Pertigaan Bank BNI, Lurus Cabang Pantai Pede, Belok Kiri Cabang Pede, Finish di Pantai Pede.

Kapolres Manggarai Barat menjelaskan, pada intinya agar personil yang terlibat dalam Pengamanan Rute dan Lokasi Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan selalu standbye pada Posnya masing–masing dan tidak diperbolehkan meninggalkan tempat dan seluruh Perwira pengemdali agar memberikan arahan kepada personil masing–masing terkait dengan Teknis Pengamanan Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan.

“Gladi ini dilaksanakan agar pada saat kegiatan personel paham akan tugasnya masing–masing dan para P erwira pengendali diharapkan bertanggung jawab terhadap apa yang sudah menjadi bagian tugasnya, demi kelancaran dan suksesnya Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan ini untuk menunjukan kepada dunia bahwa Labuan Bajo siap dalam pelaksanaan kegiatan KTT G-20 dan KTT Asean Summith yang akan dilaksanakan pada Tahun 2023,” ungkap AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Gladi pengamanan Rute dan Lokasi Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan langsung dipimpin oleh Kapolda NTT Irjen. Pol. Drs.Lotharia Latif, S.H.,M.Hum.

“Kami Cek satu persatu penempatan personil, baik penempatan pengamanan Rute dan Lokasi Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan maupun yang pengamanan lokasi Obyek Wisata, kami pastikan seluruh personel tergelar dan mereka siap mensukseskan Simulasi Protokol Keamanan dan Kesehatan serta mengamankan para tamu VVIP yang hadir pada saat Simulasi tersebut,” ungkap Kapolres Manggarai Barat.

“Selain itu Kapolda NTT bersama rombongan juga melihat langsung Simulasi penyelamatan korban yang tenggelam di laut yang dilakukan oleh Tim Basarnas dengan menggunakan Helikopter,” tambahnya.*[RS]*