Kapolres Mabar Ingatkan Anggota Jaga Netralitas dan Tingkatkan Cooling System Ditengah Masyarakat

Kapolres Mabar Ingatkan Anggota Jaga Netralitas dan Tingkatkan Cooling System Ditengah Masyarakat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Pelaksanaan apel pagi merupakan kewajiban bagi setiap anggota Polri, selain untuk mendengar arahan pimpinan, apel pagi juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan dan tanggung jawab serta sarana evaluasi kegiatan yang telah berjalan.

Demikian halnya yang dilakukan Kepala Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. yang mengingatkan anggotanya untuk tetap menjaga netralitas saat mengawal tahapan Pemilu serentak 2024.

"Saat ini, tahapan pemilu sudah berjalan. Sebagai anggota Polri kita jangan sampai menunjukkan keberpihakan kepada salah satu partai atau pasangan calon yang ada. Kita tetap menjaga jangan sampai ada persepsi atau isu negatif yang diberikan kepada kita. Untuk itu, saya mengingatkan kepada seluruh anggota Polres Manggarai Barat agar tetap menjaga netralitas," kata Kapolres Mabar saat memimpin apel pagi personel Polres Manggarai Barat di lapangan apel Mapolres setempat, Senin (20/11/2023) pagi.

Meskipun mungkin memiliki hubungan keluarga bahkan keluarga dekat seperti orang tua atau istri yang menjadi calon legislatif (Caleg), Kapolres Mabar menegaskan agar personel tetap mempertahankan profesionalisme dalam menjalankan tugas mengawal pesta demokrasi.

"Jangan ada personel Polres Manggarai Barat yang ikut-ikutan dalam politik praktis dengan memihak atau mendukung salah satu pasangan calon atau caleg. Hal ini perlu menjadi perhatian serius, karena pada akhirnya nanti akan merugikan diri kita sendiri," tegasnya.

Selain itu, Kapolres Mabar juga menyampaikan sejumlah potensi kerawanan dalam tahapan Pemilu yang perlu diwaspadai, seperti penyebaran isu hoaks, isu SARA, money politik, kampanye hitam (black campaign), dan politik identitas.

"Kerawanan-kerawanan tersebut harus diantisipasi sejak dini, karena dapat menjadi permasalahan serius yang dapat mengganggu dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang," jelas perwira berpangkat ajun komisaris besar polisi itu.

Kemudian, dalam upaya menjaga kelancaran dan keamanan pemilu, Alumni Akpol angkatan 2004 itu meminta jajarannya untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

"Lakukan segala daya upaya agar seluruh rangkaian dan tahapan pemilu ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif," ungkap AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M.

Ia juga menginstruksikan agar personel yang bertugas di bidang pencegahan aktif melakukan cooling system atau turun langsung ke tengah masyarakat untuk mencegah terjadinya potensi gangguan Kamtibmas.

"Dengan Cooling System yang kita lakukan, diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat secara bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing," pungkasnya.**#