Dalam Soalisasi Bansos Rastra, Kapolres Mabar Dorong Kades Manfaatkan Dana Desa Untuk Kurangi Kemiskinan

Dalam Soalisasi Bansos Rastra, Kapolres Mabar Dorong Kades Manfaatkan Dana Desa Untuk Kurangi Kemiskinan

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Kapolres Manggarai Barat (Mabar) AKBP Julisa Kusumowardono, SIK. MSi menjadi pembicara dalam sosialisasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Aula Kantor Camat Macang Pacar, Mabar, Kamis (04/04/19) Pagi.

Turut hadir Kadis Sosial Kabupaten Mabar Agustinus Mangeraja, Camat Macang Pacar M.Sarimin Malonde S.Hut, Kapolsek Macang Pacar Iptu M. Yakub, Danramil 1612-08 Bari Pelda Km Suandi, Kabid Penanganan Bencana Alam Mabar Ibrahim, Para Kades dan Para Pendamping PKH Se-Kecamatan Macang Pacar.

Dalam sambutannya, Julisa menyebut kehadirannya sebagai bentuk komitmen pihak kepolisian yang telah berkerjasama dengan kemensos RI dalam mengawal penyaluran bansos rastra.

Selain itu, Julisa juga mendorong pemerintah desa untuk memanfaatkan dana desa dalam mendukung setiap kegiatan pemerintah pusat baik yang berupa bantuan sosial maupun pemberdayaan masyarakat desa.

“Dengan besarnya dana desa ini seharusnya dapat digunakan untuk bisa saling mengisi bantuan-bantuan pemerintah bagi demi mengurangi angka kemiskinan sekaligus untuk kemakmuran desa juga” Ucap Julisa.

Tak hanya itu, Julisa juga mengingatkan para pendamping bansos rastra untuk tak melakukan pemotongan terhadap bantuan PKH karena akan berurusan dengan hukum.

“Saya pernah mendengar bahwa ada pemotongan-pemotongan bagi penerima PKH dan jika itu terjadi itu termasuk tindak pidana korupsi, untuk itu saya ingatkan kepada teman-teman Pendamping agar tidak terjadi hal-hal seperti itu” Lanjutnya.

Sementara itu, Kadis Sosial Mabar Agustinus Mangeraja mengungapkan penetapan jumlah penerima bansos rastra bukan dari Dinas Sosial melainkan langsung dari Kemensos RI.

“Data Bansos ini langsung Kemensos RI yang diperuntukkkan bagi orang yang dianggap sangat miskin, oleh karena itu mohon pastikan penyalurannya tepat sasaran” Tukas Agustinus