Home / BERANDA / *MS. Aidavita bawa 1.000 lebih Wisatawan di Pulau Komodo*

*MS. Aidavita bawa 1.000 lebih Wisatawan di Pulau Komodo*

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kapal Pesiar MS Aidavita berbendera Italia yang membawa crew kapal sebanyak 404 orang dan penumpang sebanyak 1.209 orang wisatawan asal Eropa dan Amerika, Minggu (26/1/2020) siang, tiba di Loh Liang Pulau Komodo.

Kedatangan ribuan wisatawan asal Eropa dan Amerika itu bertujuan ingin melihat satwa langka Varanus Komodoensis dan yang hanya terdapat di kawasan Taman Nasional Komodo itu. Sebelumnya, pada Rabu, 22 januari 2020, lalu, kawasan Loh Liang Taman Nasional Komodo dikunjungi kapal pesiar MV Boudicca berbendera Bahama dengan membawa penumpang sebanyak 400 orang.

Kedatangan Kapal pesiar MS Aidavita kali ini, sebagai bagian dari misi keliling dunia.

Anwar warga pulau komodo yang juga bekerja sebagai penjual souvenir di Loh Liang saat ditemui tribratanewsmanggaraibarat.com di Pulau Komodo, Minggu ,(26/1/2020) mengatakan kedatangan ribuan wisatawan hari ini mendatangkan rejeki bagi mereka khususnya para pedagang souvenir di pulau komodo.

“Kali ini kami dapat banyak rejeki pak, alhamudulillah souvenir kami banyak yang dibeli tourist dari kapal pesiar itu”, kata Anwar.

Menurut Anwar, kedatangan para wisatawan kapal pesiar kali ini tentu berbeda dengan sebelumnya

“Yang datang kemarin itu hanya beli sedikit saja souvenir kami disini pak. Tidak sama dengan yang sekarang ini, yang sekarang kami sedikit puas, karena banyak souvenir kami yang laku terjual”,ungkap Anwar.

Sementara itu, Hardar salah seorang petugas ranger di pulau itu bertutur, berdasarkan informasi yang Ia terima bahwa ada kurang lebih 1.000 orang wisatawan tiba di Loh Liang hari ini.

“Tadi dapat laporan jumlahnya ada 1.000 lebih wisatawan Eropa dan Amerika, dan tadi para ranger sudah dibrifing untuk menemani sejumlah wisatawan itu yang akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk tur melihat Komodo di Pulau itu,” katanya.

Kapal tersebut, kata dia, baru tiba di kawasan Loh Liang Pulau Komodo sekitar pukul 06.30 Wita, karena terlalu besar dan tak bisa bersandar di pelabuhan Komodo. Kapal pesiar tersebut hanya bisa berlabuh di tengah laut, baru kemudian para turis diantar dengan skoci milik kapal itu ke Loh Liang.

Ia juga mengaku ini merupakan kapal pesiar ke-empat yang singgah di kawasan TNK dan menyinggahi Pulau Komodo selama Januari 2020.

Namun dari dua kapal pesiar sebelumnya jumlahnya sedikit yakni berkisar dari 50an wisatawan hingga 400 an wisatawan saja, dan kebanyakan dari mereka adalah wisatawan yang sudah berumur tua.

“Tapi kami juga sudah dapat laporan untuk siap-siap karena setelah kapal MV Boudicca boudicca dan MS Aidavita ini berangkat masih ada satu kapal pesiar lagi yang akan datang. Tapi belum tahu tanggal berapa tiba,” ujar dia.

Setiba di pulau komodo Tim Gabungan dari Petugas KUPP Kelas II Labuan Bajo, Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo, Bea Cukai Labuan Bajo, Karantina Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat dan Aget Kapal PT. Pelayaran Bimas Raya Cabang Labuan Bajo melakukan pemeriksaan dokumen kapal, Crew kapal dan penumpang kapal diatas kapal sambil memonitor aktivitas para wisatawan selama berada sehari di pulau komodo.

Usai melakukan aktifitas wisata di Loh Liang pulau komodo, Kapal MS.Aidavita direncanakan pada hari yang sama pada pukul 17.00 wita berangkat dari perairan Loh Liang menuju Pelabuhan Lembar di Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan Surat Persetujuan Berlayar Nomor: PM77/KUPP II/05/I/2020 tanggal 26 Januari 2020.(RS)

About Humas Manggarai Barat

Check Also

Hari Pertama Ops Keselamatan, Sat Lantas Polres Mabar Semprot Cairan Disinfektan Dan Bagi Masker

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Untuk Antisipasi virus Corona atau Covid-19, Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Barat (Mabar) melakukan penyemprotan …