Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-90, Bupati Manggarai Barat Bacakan Pesan Menpora RI

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-90, Bupati Manggarai Barat Bacakan Pesan Menpora RI

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90, Pemerintah Daerah Manggarai Barat menggelar Upacara Bendera di Halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Kecamatan Komodo, Senin, (29/10/18) Pagi.

Upacara tersebut di pimpin oleh Sekretaris BP4D Drs. Salvador Pinto, diikuti oleh Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, SIK, M.Si, Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat Wita Julisa, Danki Subden 4 Detasemen B Labuan Bajo IPTU Raimondo De Jesus, Danpos AL Labuan Bajo Lettu PM Seto Adi, Danramil 1612-02 Komodo Kapten Inf. Sulaiman Baba beserta sejumlah personil, para Pimpinan SKPD Kabupaten Manggarai Barat beserta seluruh PNS lingkup Pemda Mabar, dan para siswa-siswi dari berbagai tingkat lingkup Kabupaten Manggarai Barat.

Dokumentasi Humas Polres Mabar

Bertindak selaku Pembina Upacara Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dulla menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, agar pemuda mengingat sumbangsih para pemuda tahun 1928 yang telah melahirkan sumpah pemuda dan meneladani keberanian pemuda saat itu.

“Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia,” Jelas Bupati.

Sumpah Pemuda Ke-90 kali ini mengusung tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan.

Lebih jauh, menurut amanat Menpora RI, dikatakan Bupati, pada 2019 mendatang bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar pesta demokrasi, untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah, yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tk. I dan DPRD Tk. II.

“Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalarn menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas,” paparnya.

Masih diterangkan bupati, bahwa pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia, ” Pesan Akhir Bupati, Seperti diamanatkan Menpora RI.

Adapun upacara yang berlangsung khidmat ini, di tutup dengan sesi foto bersama.