TNI-POLRI Gelar Apel Persiapan Pengamanan Kunker Presiden RI di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT

TNI-POLRI Gelar Apel Persiapan Pengamanan Kunker Presiden RI di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Gabungan personel TNI-POLRI menggelar apel persiapan pengamanan VVIP kunjungaan kerja (kunker) Presiden RI Ir. Joko Widodo dan rombongan di wilayah Manggarai Barat, NTT di Lapangan Apel Kantor Bupati Manggarai Barat, Labuan Bajo, Sabtu (18/1/2020) siang.

Apel yang dipimpin oleh Danrem 161/WS Brigjen TNI Syaiful Rahman, S. Sos., ini dihadiri oleh Danlanal Maumere Kolonel Marinir Totok Nurcahyo, Danyonif 743/PSY Letkol Inf Wiji Untoro, Dandim 1612/Manggarai Letkol Rudy Markiano Simangunsong, S.Sos, Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Luqman Nur Hakim, Dandim 1602/Ende Letkol Inf M. Fuad Suparlin, S.I.P.,M.Tr (Han), Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si.

Sementara peserta apel terdiri dari personel gabungan TNI-POLRI serta instansi terkait lainnya.

Pada amanat Pangdam IX/Udayana yang dibacakan oleh Danrem 161/WS Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos., menyampaikan bahwa, pengamanan VVIP selalu dilaksanakan bersama dengan kekuatan dari unsur TNI-POLRI, Pemda dan komponen masyarakat lainnyan, baik pada event Nasional maupun internasilonal.

“Hal ini harus dapat memberikan jaminan keamanan yang terbaik dan maksimal”, ucap Brigjen TNI Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos.

“Untuk itu, segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP ini harus kita laksanakan dengan sungguh-sungguh dan serius”, tegasnya.

Diakhir sambutannya, kepada seluruh Personel Satgas Pam VVIP, Pangdam IX/Udayana memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan sehingga pelaksanaan pengamaan nantinya dapat berjalan sesuai yang diharpkan diantaranya, Pahami dan kuasai protap pengamanan VVIP, Pegang teguh disiplin dengan memahami rantai komando yang efektif dan efisien, tingkatkan kepekaan dan jangan lengah terhadap situasi yang berkembangan, Jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal, secara cermat dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus serta laporkan sesuai dengan rantai komando.

“Semua penekanan yang saya sampaikan ini agar dipahami, dipedomani dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh personel Satgas Pam VVIP, sehingga kegiatan kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar”, pungkasnya. (RS)