Home / BERANDA / Pembuatan Instalasi Cuci Tangan Umum oleh Polres Mabar, BPBD dan Pelita Mabar

Pembuatan Instalasi Cuci Tangan Umum oleh Polres Mabar, BPBD dan Pelita Mabar

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Sebagai upaya preventif untuk menahan lajunya paparan COVID-19 di Manggarai Barat, POLRES MABAR, BPBD dan PELITA MABAR bekerja sama membuat fasilitas instalasi cuci tangan untuk umum di titik-titik startegis di Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu (22/03/2020).

“Social Distancing sangat penting, namun kami juga sadar jika masih banyak warga kota yang harus keluar rumah untuk bekerja atau menyelesaikan hal-hal dengan urgenitas yang sangat tinggi seperti Paramedis, Polisi, Karyawan Pelabuhan dan Bandara, serta petugas-petugas instalasi umum lainnya. Untuk itu diperlukan media cuci tangan yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja”, ujar Ketua Pelita Mabar Grace Irene Saeketu selaku penggagas pembuatan instalasi cuci tangan umum tersebut.

Pembuatan instalasi cuci tangan umum tersebut selain didanai oleh Polres Mabar dan BPBD Mabar, juga oleh perusahaan-perusahaan setempat yang memiliki kepedulian yang sama untuk mengambil tindakan preventif menahan laju paparan epidemi tersebut di Manggarai Barat.

Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., menyebutkan bahwa sangat mengapresiasi ide dan inisiatif luar biasa dari adik-adik Pelita Mabar. Di situasi seperti ini, kreatifitas dan kepedulian sosial seperti inilah yang dibutuhkan di Manggarai Barat. Saya sebagai Kapolres, mendukung sepenuhnya kampanye positif budaya hidup bersih di ruang terbuka publik dalam rangka menangkal penyebaran virus Covid-19.

“Saya mengharapkan tempat cuci tangan ini juga dapat memicu kepedulian banyak pihak untuk membantu pemerintah dalam rangka mengkampanyekan pola hidup bersih dan social distancing. Tentunya, saya minta adik-adik Pelita Mabar jangan berhenti berkreasi, teruslah berkarya untuk Manggarai Barat.”, harap Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso S.I.K, M.Si.

“Harapan kami, instalasi tersebut dapat membantu menahan paparan COVID-19 di Manggarai Barat” kata Kepala BPBD Kabupaten Manggarai Barat Dominikus Hawan ketika menyerahkan bantuan dana.

Direncanakan pembuatan tempat cuci tangan publik akan dilanjutkan di beberapa titik keramaian pejalan kaki di jalan Soekarno-Hatta, pasar batu cermin, Pos KP3Laut Pelabuhan Labuan Bajo, Pos KP3 Udara Bandara Komodo dan beberapa titik lainnya.

Kegiatan launching diakhiri dengan deklarasi “Mari Jaga Kebersihan, Labuan Bajo Baku Jaga” dan pemberian secara simbolis hand sanitizer yang dibuat secara mandiri oleh Komunitas Pelita Mabar dan diserahkan langsung oleh Ketua Pelita Mabar kepada Kapolres Mabar dan Kepala BPBD Kabupaten Manggarai Barat

Saat berita ini diturunkan, sudah terpasang satu instalasi cuci tangan umum di Kampung Ujung, salah satu wilayah dengan jumlah orang keluar dan masuk yang paling tinggi di Labuan Bajo.*(RS/Pelita Mabar)*

About Humas Manggarai Barat

Check Also

Polres Mabar kembali lakukan penyemprotan disinfektan

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kepolisian Resor Manggarai Barat, NTT kembali melaksanakan penyemprotan disinfektan seraya melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna …