Memperingati HUT Polwan ke 70 Polres Mabar Gelar Upacara Bersama Seluruh Anggota Polres Mabar

Memperingati HUT Polwan ke 70 Polres Mabar Gelar Upacara Bersama Seluruh Anggota Polres Mabar

Tribratanewsmanggaraibarat.com - Anggota Kepolisian Resor Manggarai Barat menggikuti upacara memperingati Hari Ulang Tahun Polisi Wanita ke - 70 yang jatuh pada tanggal 01 September 2018 lalu. Senin ( 03 / 09 / 2018 ).

Bertempat di Lapangan Apel Polres Manggarai Barat upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K., M. Si. tersebut mulai pada pukul 08.00 Wita dan dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Manggarai Barat, para Perwira, Bhayangkari cabang Manggarai Barat, serta seluruh anggota Polres Mabar.

Memasuki Usia Polwan yang ke 70 tahun memiliki Tema "Dengan Semangat Promoter Polwan Siap Mendukung dan Menyukseskan Agenda Kamtibmas 2018 dan 2019.

Dalam penyampaiannya Kapolres Mabar membacakan amanat Kapolri terkait Polisi Wanita dari sejak berdiri, peran Polwan dalam tugas sebagai pemelihara keamanan hingga prestasi demi prestasi yang di torehkan Polwan tidak hanya dalam tubuh Polri tetapi juga dalam berbagai lini sebagai wujud wanita indonesia yang hebat.

Di Indonesia, Polisi Wanita mulai dikenal sejak 1 September 1948, ketika 6 (enam) orang wanita tangguh dari Bukit tinggi, Sumatra Barat, mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi, guna memenuhi kebutuhan tugas-tugas Kepolisian kala itu.

Hingga saat ini, Polisi Wanita Indonesia telah mencapai jumlah 24.029 orang atau 5,7% dari jumlah anggota Polri secara keseluruhan, dengan tingkat kepangkatan yang bervariasi mulai dari Brigadir Polri (79,72%), Pama Polri (12,18%), Pamen Polri (8,08%) dan Pati Polri (0,02%).

Polwan telah dipercaya untuk menduduki berbagai jabatan strategis, maupun jabatan lainnya di tingkat Polda. Polri juga mempercayakan para Polwan untuk menduduki jabatan operasional seperti Kapolres, Wakapolres, Kapolsek, serta Kasat di tingkat Polres.

Dalam misi perdamaian dunia, Polwan telah berpartisipasi aktif sebagai bagian dari Pasukan Perdamaian PBB. Pada bidang olahraga, Polwan juga mampu menorehkan prestasi di cabang judo, terjun payung, angkat besi, taekwondo, serta turut menjadi bagian dari tim Bola Voli dan Sepak Takraw Putri Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018.

Polwan juga berkiprah dalam memecahkan rekor dunia pada pendakian puncak gunung Cartenzs di bulan September 2017, serta memecahkan rekor dunia pembentangan bendera Merah Putih terpanjang di bawah laut bersama Wanita Selam Indonesia (WASI) dibawah asuhan lbu Asuh Polwan Indonesia.

Kehadiran Polisi Wanita juga diharapkan dapat turut mengangkat citra polisi di masyarakat, sebagaimana karakter wanita yang penuh dengan kelembutan ketegasan, dan kedamaian.

Penghargaan juga di berikan Kapolres Mabar pada upacara hari ulang tahun Polwan kepada Polwan - polwan Polres Mabar yang berprestasi.

" Dirgahayu Polwan khusunya Polwan Mabar ke - 70 semoga semakin jaya, kompak dan menjalankan tugas dengan ikhlas dan sungguh-sungguh serta tingkatkan dan kebangkan potensi dan bakat yang ada agar Polwan semakin di pandang di lingkup sosial dimanapun berada" ucap Kapolres kepada seluruh Polwan.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, kue dan foto bersama Polwan dan seluruh anggota Polres Mabar.