Jajaran Polres Mabar Gelar Apel Kesiapan Pengamanan TdF 2017 Etape Ke-6

Jajaran Polres Mabar Gelar Apel Kesiapan Pengamanan TdF 2017 Etape Ke-6

IMG_8669-01 IMG_8686-01 IMG_8679-01 Tribratanewsmanggaraibarat.com - Demi kelancaran dan keamanan kegiatan Balap Sepeda bertaraf Internasional "Tour de Flores 2017" (TdF) etape ke enam yang akan menempuh jalur dari Kota Ruteng menuju Kota Labuan Bajo, yang akan melintasi beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Ratusan personil Kepolisian Resor Manggarai Barat dan Polsek Jajarannya serta Instansi Terkait menggelar apel kesiapan pengamanan.

Pelaksanaan apel kesiapan pengamanan itu, dilaksanakan di dilapangan apel Mapolres Manggarai Barat (Mabar) dipimpin langsung oleh Kapolres Mabar, AKBP Dr. Supiyanto, M.Si, Selasa (18/7/2017).

Hadir dalam kegiatan itu, Wakapolres Mabar Kompol E. Jacky T. Umbu Kaledi, SH, SIK, MM, Kaperlan TNI - AU Labuan Bajo, Mayor Irianto, Danramil 1612 - 02 Labuan Bajo Kapten Inf. Sulaiman Baba serta para pejabat utama Polres Mabar.

Tujuan dari apel pengamanan tersebut adalah untuk mengecek kesiapan personil dan peralatan aparat keamanan dalam rangka pengamanan kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan besok, hari Rabu tangal 19 Juli 2017 diwilayah hukum Polres Mabar.

Peserta apel tersebut terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Jajaran Polres Mabar, Dishub Kabupaten Mabar dan Sat Pol PP Kabupaten Mabar.

Dalam sambutannya, Kapolres Mabar mengatakan bahwa selaku Pimpinan Polres Mabar dan selaku Pimpinan koordinator pengamanan TdF 2017 untuk etape terakhir mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh peserta apel yang hadir dan turut berpartisipasi dalam pengamanan TdF tahun ini serta menghrpkan kegiatan pengaman besok nantinya dapat berjalan dengan aman dan konfusif.

Pengaman TdF tahun ini, Polres Mabar mendapat penguatan personil pengamanan dari Polda NTT sebanyak 104 orang, yang mana akan melaks tugas sesuai dengan tupoksi masing - masing seperti, team deteksi, raimas, sterilisasi dan pengawalan. Untuk pola pengamanan yang dipakai pada saat pengaman kegiatan TdF nantinya yakni, pengamanan terbuka maupun tertutup.

"Untuk itu, saya mengharapkan kepada personil yang terlibat dalam pengamanan terbuka dalam hal ini jalur / route yang akan dilalui oleh para peserta TdF agar menggunakan pakaian dinas PDL, sedangkan personil pengaman tertutup agar menyesuaikan", ujar Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menyampakan bahwa, dalam fungsi pengendalian agar para personil bertanggung jawab kepada pimpinan masing - masing dan apa bila terjadi kontijensi kendali akan di ambil alih oleh kapolres selaku koordinator pengamanan.*[ory]*