Hut Satpam Ke-36 Diperingati di Mapolres Mabar

Hut Satpam Ke-36 Diperingati di Mapolres Mabar

img-20161230-wa0019-01 Tribratanewsmanggaraibarat.com – Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke- 36 Tahun 2016 diperingati di halaman Mapolres Manggarai Barat (Mabar), Jumat (30/12/2016) pukul 08.00 Wita.

Peringatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Mabar AKBP Dr. Supiyanto, M.Si. Dengan melibatkan peserta upacara dari anggota Polres Mabar dan anggota Satpam.

Tampak hadir Wakapolres Mabar KOMPOL I Ketut Wiyasa, para pejabat utama Polres Mabar serta Para pengguna jasa satpam.

Hut kali ini bertema "Kita tingkatkan kompetensi profesional Satpam Indonesia dengan melalui pelantikan dalam rangka pelaksanaan tugas secara profesional, modern dan terpercaya (Promoter) guna menciptaan stabilitas keamanan dan ketertiban lingkungannya".

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, Kapolres Mabar menyampaikan bahwa, peringatan ini di laksanakan secara serentak di Polres-Polres dengan tujuan untuk mengetahui penggelaran potensi Satpam swaskarsa di wilayahnya masing-masing sebagai mitra keseharian dalam mengemban fungsi Kepolisian di lapangan.

peringatan HUT Satpam merupakan Wujud nyata dari apa yang menjadi dasar hukum dalam Undang-undang nomor 2 tahun 2002 Kepolisian Negara Republik Indonesia serta Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2012.

Pada kesempatan itu pula Kapolres menegaskan bahwa anggota Satpam adalah mereka yang secara fungsional dan struktural memiliki peran dalam tata kelola pengamanan terhadap proses bisnis organisasi.

Anggota Satpam memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha, dalam hal ini Kapolri menetapkan kebijakan prioritas sebagai salah satu program yaitu Membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas.

Diakhir sambutan, Kapolri memebrikan beberapa arahan kepada seluruh anggota Satpam :

1. Pelihara dan mantapkan komitmen moral sebagaisalah satu pengemban fungsi kepolisian, yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota Satpam.

2. Bersikap tegas dan cermat dalam menjaga keamanan serta menegakkan ketertiban di lingkungan kerja.

3. Selalu waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap proses bisnis organisasi.

4. Tingkatkan komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan Polri dan instansi terkait di lapangan.

5. Berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik dan taktik baik Kepolosan terbatas maupun industrial security. [ory26]