Gelar Apel Konsolidasi 2019, Ini Amanat Kapolres Mabar

Gelar Apel Konsolidasi 2019, Ini Amanat Kapolres Mabar

Tribranewsmanggaraibarat.com- Polres Manggarai Barat (Mabar) menggelar Apel Konsolidasi 2019 menandai berakhirnya Operasi Ketupat Turangga 2019 sekaligus persiapan pengamanan siding perselisihan hasil pemilu tahun 2019 di Mapolres Mabar, NTT, Kamis (13/06/19) Pagi.

Memimpin Apel, dalam amanatnya, Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono S.IK, M.Si membacakan arahan Kapolda NTT yang menyebut selama operasi ketupat Turangga 2019 telah terjadi penurunan berbagai jenis kejahatan

“Jumlah kejahatan mengalami penurunan sebanyak 25,45%, kejahatan konvensional turun 59,24%, kejahatan tradisional turun 100%, kejahatan merugikan kekayaan negara turun 100%, dan kejahatan kontijensi naik 100%, untuk kejahatan menonjol curat, curanmor, dan curas mengalami penurunan” Ucapnya.

Selain itu, jumlah kecelakaan juga mengalami penurunan sebesar 48,52%. Namun terdapat sejumlah catatan kejadian kerusuhan antar kelompok yang terjadi di Sejumlah Wilayah NTT.

Kerusahan tersebut terjadi di Kecamatan Adonara Tengah, Flores timur yang berakibat 1 nyawa korban melayang. Dan kerusahan antara Warga Desa Manusak dan Warga Eks Tim-Tim di Kecamatan Kupang Timur, Kupang yang berkakibat meninggalnya 1 warga dan terbakarnya sejumlah rumah beserta isi, dan sepeda motor.

Untuk persiapan pengamanan PHPU, sesuai arahan Kapolda NTT, Julisa menyebut seluruh personel untuk menciptakan keamanan wilayah semaksimal mungkin hingga akhir putusan MK.

“Sidang Perselisihan Hasil Pemilu Umum ( PHPU ) di MK mulai digelar 14 Juni 2019 hingga 28 Juni 2019, ini tentu menjadi perhatian kita bersama untuk melaksanakan pengamanan secara maksimal sehingga seluruh kegiatan sidang PHPU berjalan dengan aman tertib dan kondusif” Ucapnya.

Terakhir, Julisa juga mengapresiasi kepada seluruh personel dan kepada sejumlah pihak yang terlibat dalam pengamanan perayaan idul fitri 2019 sehingga tercipta kondisi yang damai dan kondusif.

“Saya berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pengamanan idul Fitri 1440 Hijriah ini sehingga seluruh rangkaian kegiatan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri dapat berjalan dengan aman dan kondusif” Pungkasnya