Deklarasi Pemilu 2019 Damai Aman dan Sejuk Manggarai Barat

Deklarasi Pemilu 2019 Damai Aman dan Sejuk Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com - Deklarasi Pemilu 2019 Damai, Aman dan Sejuk Di Wilayah Manggarai Barat sebagai bukti kepedulian menuju pesta Politik yang aman serta menjalin kerjasma Polri bersama seluruh instansi terkait di Mabar mengahadapi pemilu 2019.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kemala Polres Mabar di mulai pada pukul 10.30 wita yang beragendakan Deklarasi pemilu sekaligus sosialisasi PP Nomor 60 tahun 2017 serta Perkap Nomor 06 tahun 2012. Kamis (20/09/2018).

Menghadapi pemilu presiden 2019 memiliki kompleksitas terhadap potensi kerawanan yang berpengaruh terhadap kondisi stabiltas bangsa, dimana ketahui bersama bahwa banyak hal-hal yang dapat mengganggu kondisi keaman dan ketertiban selama berlangsungnya pemilu legislatif maupun pemilu presiden, baik dengan tindakan-tindakan maupun berita-berita hoax yang cenderung menyudutkan tanpa dasar dan juga melakukan hal-hal yang bersifat SARA yang bisa berkembang kapan saja. Sebagai bangsa yang besar, bangsa kita ini juta tentunya memiliki kerawanan dan kerentanan terhadap berbagai macam hal.

Terkait hal tersebut Polri bersama instansi terkait merasa penting untuk mengkampanyekan Deklarasi damai, aman dan sejuk di wilayah Manggarai Barat untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan tersebut.

Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K., M.Si. memberikan sambutan sekaligus membuka acara Deklarasi berterimakasih kepada segenap tamu yang hadir terutama kepada Bupati Manggarai Barat Agustinus CH Dula juga terlihat Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong yang memenuhi undangan kegiatan Deklarasi Pemilu damai 2019.

Turut hadir Romo Vikep Labuan Bajo perwakilan dari Pengadilan, ketua KPU, Ketua MUI Manggarai Barat, Kabid Kesbangpol, Ketua PKUB Mabar, Ketua PKPI, Babinsa A. Hamid, Tokoh Agama, Ketua Garuda Vinsenalis Supriadi, Bawaslu Mabar, serta ketua, kader maupun perwakilan dari Parpol yang ada di Manggarai Barat.

Selain Deklarasi Pemilu damai Kapolres Mabar juga memberikan materi terkait Pemilu 2019 yakni Sosialisasi PP Nomor 60 tahun 2017 tentang tata cara perizinan dan pengawasan kegiatan umum, kegiatan masyarakat lainya dan pemberitahuan kegiatan politik.

Dilanjutkan dengan sosialisasi terkait Perkap Nomor 06 tahun 2012 tentang tata cara pemberitahuan dan penerbitan surat tanda terima pemberitahuan kampanye pemelihan umum.

Terkait hal tersebut Pemilihan Umum baik pemilihan Presiden serta Pileg mendatang akan melewati tahapan kampanye di mana para calon akan menyampaikan program-program kepada masyarakat sehingga setiap penyelenggara kampanye wajib diberitahukan kegiatannya kepada pihak Kepolisian. Dikarenakan di kemungkinan munculnya potensi-potensi gangguan karena melibatkan banyak orang nantinya.

Berkaitan dengan hal tersebut Kapolres Mabar menyampaikan himbauan kepada para pimipinan partai politik agar para ketua dapat memberikan arahan kepada kader-kader yang akan ikut dalam pemilu legislatif untuk dapat senantiasa melaksanakan tahapan-tahapan pemilu yang merujuk kepada ketentuan hukum yang berlaku.

" Tentunya juga ada konsekwensi hukum yang terjadi manakala para calon-calon ini tidak melakukan hal-hal yang ada dalam ketentuan per Undang-Undangan yang berlaku, sehingga menjadi perhatian bagi para calon yang akan maju nantinya". Ungkap Kapolres.

Sambutan di lanjutkan oleh Romo Vikep Labuan Bajo dimana Sebagai tokoh agama beliau sangat harapkan agar semua peserta pemilu dapat menghindari kampanye hitam maupun penyebaran berita-berita yang tidak benar, karena ketika kita gunakan kualitas diri kita untuk melakukan kampanye hitam tentunya akan sangat merugikan bagi diri sendiri dan orang lain.

Selain itu juga Bupati Mabar yang sambutan berterima kasih kepada Bapak Kapolres yang telah mendukung semua kegiatan masyarakat di Mabar serta telah mempresentasikan tentang peraturan per Undang-undangan khususnya terkait dengan gerakan-gerakan masyarakat berkaitan dengan Pileg dan Pilpres yang akan datang.

Kegiatan yang selesai pada pukul 12.30 wita, sebelumnya didahului Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Pemilu 2018 aman,damai,dan sejuk oleh semua peserta kegiatan Deklarasi pemilu damai 2019.