BAGOPS POLRES MABAR NTT GELAR RAPAT KOORDINASI PENANGANAN KASUS TRAFFICKING IN PERSON

BAGOPS POLRES MABAR NTT GELAR RAPAT KOORDINASI PENANGANAN KASUS TRAFFICKING IN PERSON

Tribratanewsmanhgaraibarat.com - Dalam rangka penanganan kasus perdagangan manusia atau yang sering disebut trafficking, terkait proses perekrutan tenaga kerja dengan motif trafficking in person di wilayah hukum Polres Manggarai Barat NTT, Bagian Ooerasional Kepolisian Resor Manggarai Barat, melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait, pukul 09.00 wita,Jumat (4/3/16).

Rapat tersebut di pimpin oleh Waka Polres Mabar Kompol I Ketut Suwijana, S.IP, bersama Kabag Ops Kompol Tobias Tamonob.

Hadir dalam kegiatan tersebut kepala Dinas Sosnakertrans Kab. Mabar Maximis Bagol, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Puju Astuti, yang mewakili Kesbanpol Mabar Ferdinandus Jamaru dan Iskandar Hako, BNP2TKI Wirawan, Kasat Bimas Res Mabar Ipda Anggalus Naha, yang mewakili Kasat Reskrim Ipda Alfonsus C. Takene, Kasubag Dalops Iptu Djainudin, Kanit PPA Res Mabar Bripka Putu Eka S.Ikom, Kanit Sosbut Bripka Anwar.

Permasalah yang dibahas dalam rapat terpadu tersebut adalah pencegahan dan penanganan kasus Trafficking yang terjadi di Kab Mabar.

Dalam rapat terpadu tersebut menghasilkan kesepakatan antara lain, Membentuk tiem terpadu untuk pencegahan dan penanganan masalah Trafficking, Tiem terpadu tersebut diketuai oleh Kepala Sosnakertrans Kab Mabar, Mapping di dserah-daerah rawan Trafficking seperti di Desa2 di Kecamatan Kuwus dan Kecamatan Lembor, Sepakat penanganan masalah trafficking kalau cukup bukti diselesaikan secara hukum, Sepakat meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan di pintu-pintu keluar seperti Bandara, pelabuhan dan di perahu2 yang sering digunan akses keluar para pelaku trafficking.

pembentukan tiem terpadu ini merupakan masih tahap sosialisasi awal dimana akan melakukan rapat kembali untuk menyusun teknis teknis pencegahan oleh seluruh tiem dari beberapa instansi terkait guna meminillisir adanya tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Mabar dan tiem teknis didasari dengan SK bupati dengan membuat proposal atas nama Gugus Trafiking ke Bupati Mabar terkait perencanaan pencegahan trafficking di kabupaten Mabar.

[oryfes26-Humas Polres Mabar] IMG-20160304-WA0027 IMG-20160304-WA0025