5 Factor penting yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

5 Factor penting yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

Tribratanewsmanggaraibarat.com - Bertempat di lapangan apel Mako Polres, Personel Polres Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur melaksanakan apel jam pimpinan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat, AKBP Dr. Supiyanto, M.Si, Rabu (19/10/2016) pukul 07.30 wita pagi tadi.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Mabar, AKBP Dr. Supiyanto, M.Si menyampaikan kepada Peserta apel mengenai 5 faktor yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. "karena bagaimna pun kita semua adalah peminmpin, baik pemimpin dalam suatu organisasi, institusi, lembaga, keluarga dam sebagainya", ungkap Kapolres Mabar

Lebih lanjut Kapolres Mabar menyampaikan 5 faktor yang harus dimiliki oleh seorang peminpin menurut "Teori Kepemimpinan dari Sun Tzu" . Dalam buku The Art of War terjemahan dari Lionel Giles, M.A, Sun Tzu adalah seorang panglima besar Tiongkok yang hidup lebih dari 500 tahun Sebelum Masehi.

Sun Tzu menulis sebuah karya besar tentang strategi perang yang terdiri dari 13 bab. Walaupun konsep Sun Tzu ini tentang strategi perang, namun jelas dapat diterima secara logika dan diaplikasikan ke dalam masing-masing; baik dalam bidang kepemimpinan, marketing, manajemen, maupun perkembangan diri; serta masih tetap relevan hingga saat ini.

Ada lima factor penting yang harus dimiliki oleh pemimpin yang ingin maju:

1. Kebijaksanaan, visi, wawasan, kepandaian dan ilmu pengetahuan (Kecerdasan). Jika kita ingin berkembang semua hal ini mutlak diperlukan. Untuk dapat mengembangkan diri, harus memiliki visi jauh ke depan yang didahului dengan proses belajar.

2. Kepercayaan. Orang dapat dipercaya bukan karena memiliki kekayaan materi, tetapi karena memiliki kepribadian yang bias diterima dalam pergaulan. Kualitas kepercayaan diri, kepercayaan pada orang dan kepercayaan dalam pergaulan perlu dipelihara. Dengan kepercayaan dari masyarakat kita akan memiliki banyak koneksi yang memberikan kesempatan untuk meraih rejeki.

3. Kebajikan (Keramahan) Dalam kehidupan kita harus mengandalkan kebajikan, bukan kekerasan. Hendaknya kita melihat kelemahan sebagai suatu proses untuk melihat, memahami dan mengagumi orang lain sehingga muncul wibawa kebesaran kita di atas orang lain.

4. Keberanian. Keberanian untuk mencoba dan berusaha adalah semangat yang luar biasa. Orang yang mempunyai semangat keberanian akan dapat mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.

5. Ketegasan (Kedisiplinan). Kita hendaknya tegas terhadap diri sendiri. Jika kita keras dan tegas pada diri sendiri, maka hidup akan lunak pada kita. Tanpa adanya ketegasan dan focus yang akan dicapai, kita tidak akan berhasil dalam hidup.

[oryfe's-Humas Polres Mabar]